Berbahaya Beban Ransel Sekolah Anak Picu Penyakit Tulang | Xetinom

8:53:00 AM

Berbahaya Beban Ransel Sekolah Anak Picu Penyakit Tulang
.
 Tas punggung anak yang sering dibawa oleh anak-anak kesekolah bisa berbahaya loh. Kita sebagai orang tua harus selalu waspada akan pentingnya akan kesehatan tulang punggung si anak yang nantinya dapat mempengaruhi masa depan anak nantinya.


Berbahaya Beban Ransel Sekolah Anak Picu Penyakit Tulang
Berbahaya Beban Ransel Sekolah Anak Picu Penyakit Tulang

     Jika Anda punya anak yang sering membawa tas kesekolah dengan beban yang cukup berat, mulailah dari sekarang, pikirkan bagaimana caranya agar beban yang dibawa si anak dapat berkurang. Sebab membawa tas punggung dengan beban yang berat dapat berpotensi menimbulkan penyakit tulang belakang.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak sekolah di negara Spanyol menyebutkan banyak anak-anak yang membawa tas punggung sekolah melebihi 10-15 % berat badan mereka. Dan kondisi ini dapat menempatkan mereka pada resiko penyakit tulang belakang serta gangguan-gangguan tulang belakang lainnya. Fakta juga bahwa kebanyakan anak-anak tidak mendapatkan cukup latihan olahraga, dan ini dapat menjadi ancaman yang ditimbulkan oleh beban berat yang akan menjadi tambah parah.

Studi tersebut melibatkan lebih dari 1400 murid yang berusia 12-17 tahun di sebelas sekolah di Provinsi Barat Daya Spanyol.  Adapun sistem penelitian yang dilakukan yaitu membandingkan keadaan murid saat membawa beban dengan tas punggung dan membawa beban tanpa tas punggung. Peneliti juga mengumpulkan informasi-informasi tentang berat siswa, kadar latihan serta masalah kesehatan tubuh dan kesehatan tulang belakang.

Rata-rata beban pada tas punggung anak sekolah hampir mencapai 7 kilogram. Sekitar 62% murid membawa tas punggung 10% melebihi berat badan mereka dan 18% membawa tas punggung 15% dari berat badan mereka.

Hasil dari penelitian, satu dari empat anak mengatakan mereka mengalami sakit pada bagian punggung lebih dari 2 minggu. Masalah yang paling umum adalah skoliosis atau yang biasa disebut kelengkungan tulang belakang yang didiagnosis pada 70% dari siswa dengan sangkit punggung. Sakit punggung rendah dan kontraksi otot terus-menerus juga jadi masalah umum.

Murid perempuan lebih cenderung terkena masalah punggung dibanding laki-laki. Dan risiko mereka terlihat makin meningkat sesuai usia. Fakta menyebutkan bahwa para murid yang beban di tas punggung mereka lebeih dari 50% lebih cenderung memiliki sakit tulang belakang lebih lama 15 hari dibandingkan mereka dengan tas punggung yang lebih ringan. Penelitian ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Archieves of Disease in Chilhood.

Oleh karena itu, melalui artikel tentang Berbahaya Beban Ransel Sekolah Anak Picu Penyakit Tulang, semoga dapat memberikan edukasi kepada orang tua dan murid terkait resiko membawa tas punggung berat ke sekolah setiap hari.

Terima Kasih Telah Berkunjung, Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »