Panduan Pengerjaan MYOB Premier 16 Multi Currency (Bengkel dan Toko Spare Part)

7:32:00 AM

Perhatian! Harap Mengakses laman ini lewat Mozilla Firefox atau UC Browser jika Tampilan Berantakan atau kendala lainnya

Tentang MYOB Premier 16 Multi Currencies

Salah satu kelebihan utama MYOB Premier dibandingkan dengan produk MYOB lainnya adalah fasilitas multi currency. Saat anda membuat file baru fasilitas ini tidak langsung diaktifkan oleh MYOB Primer. Anda masih harus mengaktifkan sendiri fitur dan fitur ini tidak ada di MYOB Accounting. MYOB Premier dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multicurrency (banyak mata uang) dan multi user (banyak pengguna).


1. Profil Perusahaan:

         PT Putra Mandiri Jaya merupakan perusahaan dagang dan jasa  yang menjual berbagai macam produk sparepart motor dan melayani jasa perbengkelan seperti ganti oli,ganti ban dsb. Perusahaan ini berdiri bulan Januari tahun 2014 dan mulai melakukan pencatatan keuangan menggunakan software zahir accounting pada bulan Januari tahun 2015. Berikut rincian data perusahaan,

Data selengkapnya sebagai berikut:
Nama perusahaan                    : PT Putra Mandiri Jaya
Alamat                                     : Jl. Daan Mogot No. 116 Jakarta – Indonesia 11718
Telp                                         : 082122444893
Fax                                          : 02154380584
Email                                       : pmjbussiness@gmail.com
Periode Akuntansi                   : 12 bulan
Bisnis Usaha                            : Perdagangan dan Jasa Bengkel

Berikut ini rincian kebijakan akuntansi yang digunakan perusahaan:
Kebijakan perusahaan secara umum:
a. Periode Akuntansi mulai bulan Januari – Desember.
b. Menggunakan mata uang: IDR (Rp) dan dollar Amerika (USD).
c. Exchange Rateuntuk mata uang USD sebesar Rp 13.000,00.
d. Untuk pembelian dan penjualan menggunakan dana kas atau Bank.
e. Menggunakan sistem berpasangan dengan dasar Acrual Basic (biaya dan penghasilan diakui pada saat biaya atau penghasilan tsb terjadi, tanpa mengkaitkan dengan penerimaan kasnya).
f. Menggunakan Satuan : Unit.
g. Bank BCA digunakan untuk pembayaran hutang usaha dan piutang usaha.
h. Bank (USD) digunakan untuk pembayaran hutang usaha USD dan piutang usaha USD.
i. Perusahaan menerapkan cadangan kerugian piutang sebesar 5% dari saldo piutang.
j. Rekonsiliasi Bank digunakan setiap akhir bulan.
k. Format tanggal “DD/MM/YYYY”.
l. Sistem Pengkodean
1.      Faktur Pembelian : FPB
2.      Faktur Penjualan : FPJ
3.      Kas Keluar : KK
4.      Kas Masuk : KM

Kebijakan perusahaan dalam transaksi pembelian

1) Setiap pembelian akan diperhitungkan PPN 10% dari nilai pembelian
2) Setiap retur pembelian akan diperhitungkan pengurang atas nilai utang & PPN
3) Termin pembayaran 1/10, N/30, pembayaran dilakukan dalam periode diskon akan memperoleh diskon dan mengurangi nilai utang dagang yang dibayar.
4) Transaksi atas pembelian & pembayaran hutang menggunakan kas atau Bank

Kebijakan perusahaan dalam transaksi penjualan

1) Setiap penjualan akan diperhitungkan PPN 10% dari nilai penjualan (Harga Jual Belum termasuk pajak)
2) Setiap retur penjualan akan diperhitungkan pengurang atas nilai utang & PPN
3) Transaksi atas penjualan pembayaran piutang menggunakan kas atau Bank

2. Langkah-Langkah Persiapan MYOB

1. Setup Company File & Company Information Preference
Buat file baru di MYOB, sekaligus menentukan periode pembukuan yang dipilih, menentukan tipe akun yang dibuat dan menentukan letak file.myoakan ditempatkan.
Cara dan Pembahasan


2. Setup Currency Simbol & Date Format
Format tanggal dan simbol mata uang yang ditampilkan di MYOB, mengikuti simbol mata uang dan setting yang telah ditentukan di dalam local currency(multi currency) di menu list-currencies.

3. Setup Currency List
Tentukan dan seting mata uang local dan mata uang asing yang akan digunakan di MYOB Multy Currency.

4. Setup Daftar Account

Berikut Daftar Akun yang ditambah dan diubah:

Lakukan langkah yang sama untuk pembuatan account yang menggunakan mata uang asing (USD).
Edit Acccount Type untuk akun dibawah ini :


*Catatan: untuk account yang terdapat (exchange) mata uang jangan diubah,tetap menggunakan rupiah (IDR) karena untuk mengetahui nilai Rupiah dari US$ ke Rp
Cara dan Pembahasan

5. Setup Link Account
Tetapkan linked account yang menyebabkan MYOB membuatkan jurnal otomatis, baik untuk transaksi pembelian dan penjualan di mata uang lokal maupun transaksi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing.

6. Setup Pajak
Susun format untuk pencatatan dan penghitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), linked akun PPN masukan dan keluaran, serta tarif pajak yang berlaku.

7. Setup Jobs, Category, dan Harga.
Jobs
Jobs oleh MYOB diartikan sebagai suatu bagian pekerjaan dalam perusahaan. Dengan menggunakan fasilitas job ini, perusahaan dapat melihat dan menganalisa laba atau rugi atas bagian pekerjaan tersebut.

Category
MYOB menyediakan satu fasilitas tambahan lagi untuk bisa memisahkan laporan perdevisi, cabang, tau kategori. Category yang dimaksudkan di sini nantinya kita bisa melihat laporan laba rugi. Bisa melihat laporan neraca, laporan buku besar, dan per kategori. Selain itu category bisa juga diklasifikasikan sebagai departemen suatu perusahaan yang bersifat cost centre.

Price Level/ Harga
Mengatur prioritas Mata uang yang dipakai dalam perusahaan 
Cara dan Pembahasan

8. Setup Saldo Awal melalui Opening Balance dengan pertukaran mata uang USD
9. Setup Card List Customer & Supplier
10. Setup Saldo Awal Customer dan Supplier
11. Setup Persediaan
12. Transaksi Jurnal dan Banking
Pencatatan transaksi jurnal umum yang biasa dilakukan pada pembukuan manual, di MYOB transaksi tersebut diinput di dalam menu Record Journal Entry.

Yang perlu diperhatikan dalam menginput jurnal dalam menu Record Journal Entry:
- Pilihan Tax Inclusive apabila untuk transaksi tersebut dikenakan pajak.
- Ketikkan tanggal pada bagian Date, format tanggal mengikuti settingkomputer.
- Ketikkan memo yang menjelaskan transaksi tersebut.
- Pilih akun-akun yang diperlukan untuk menjurnal beserta nominalnya di debet/kredit.
- Perhatikan jurnal apakah sudah seimbang, posisi imbang ditandai dengan nominal nol (0) pada Out of Balance.
- Tekan Tombol Record untuk Menyimpan. 
  
   Daftar Transaksi: *Klik kiri di tulisan yang digaris bawahi untuk melihat
    - Kas/Bank Masuk:
    - Kas/Bank Keluar:
    - Jurnal Umum:

13. Transaksi Purchase
Fasilitas pencatatan pembelian yang disediakan MYOB terdiri dari:
a. QUOTE
Merupakan fasilitas untuk menginput data permohonanbarang yang dilakukan antara satu divisi dengan divisi lainnya dalam satu perusahaan (dokumen intern). Penginputan dokumen ini tidak akan menghasilkan jurnal, dikarenakan belum adanya dana maupun barangyang bertambah.

b. ORDER
Merupakan fasilitas untuk menginput data pemesanan barang yang dilakukan antara perusahaan dengan pemasok. Penginputan dokumen ini dapat menghasilkan jurnal jika terjadi penginputan uang muka (DP) di kotak Paid To Day.

c. BILL
Merupakan fasilitas untuk menginput data barang yang telah diterima dari pemasok. Penginputan dokumen ini pasti akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan persediaan. Selain itu akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan pembayaran uang muka maupun biaya angkut jika kotak keduanya terisi. Untuk Pembelian tunai, maka Jumlah Paid To Daydiisi dengan jumlah yang sama dengan Total Amount.

d. PAY BILL
Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menginput pembayaran atas Bill maupun pembayaran uang muka atasOrderataupun Bill.

Trus Retur Pembelian?
MYOB tidak menyediakan form khusus untuk pengisian Retur Pembelian. Cara pengisiannya sama dengan Purchase biasa, hanya saja untuk kolom Received diisikan dengan angka minus.
Setiap melakukan proses retur Anda harus melakukan 2 (dua) tahap, yaitu:

1. Mengurangkan Invoice (Qty Minus) didalam Form BILL,dan

2. Membebankan Invoiceyang minus tersebut ke invoice lainnya (Apply to Purchase) atau membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai (Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang diretur tersebut asalnya adalah pembelian tunai. 

 Daftar Transaksi: *Klik kiri di tulisan yang digaris bawahi untuk melihat

14. Transaksi Sales
Fasilitas pencatatan penjualan yang disediakan MYOBterdiri dari:

1. QUOTE
Merupakan fasilitas untuk menginput data penawaran barang kepada pelanggan. Penginputan dokumen ini tidak akan menghasilkan jurnal, dikarenakan belum adanya dana maupun barang yang berkurang.

2. ORDER
Merupakan fasilitas untuk menginput data pemesanan barang yang dilakukan antara pelanggan dengan perusahaan. Penginputan dokumen ini dapat menghasilkan jurnal jika terjadi penginputan uang muka (DP) di kotak Paid To Day.

3. INVOICE
Merupakan fasilitas untuk menginput data barang yang dikirim ke pelanggan. Penginputan dokumen ini pasti akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan persediaan. Selain itu akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan penerimaan pembayaran uang muka maupun pendapatan angkut jika kotak keduanya terisi. Untuk penjualan tunai, maka Jumlah Paid To Daydiisi dengan jumlah yang sama dengan Total Amount.

4. Receive Payment
Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menginput penerimaan pembayaran atas invoice maupun penerimaan pembayaran uang muka atas Order ataupun Invoice.

 Daftar Transaksi: *Klik kiri di tulisan yang digaris bawahi untuk melihat


ACCOUNTS.TXT 

Link: Unduh (Download)
Cara pemakaian: 
1. klik file>>import data>>accounts>> account information
2. ubah Reject Them menjadi Update Existing Record, Continue
3. Cari dan pilih ACCOUNTS.TXT, open
4. Pasangkan Account Number di kolom kiri ke Account Number di kolom kanan, Account Name ke Account Name, dst.
5. Import, ok

Jika anda mau, anda bisa mendapatkan panduan ini dalam format

MS Word
Link: Baca atau Unduh (Download)

Jika Panduan diatas masih membingungkan, silakan download versi videonya

MP4: Unduh (Download)

Maaf jika ada kesalahan kata, tampilan dan kurangnya pengalaman dalam pembuatan laman ini

Terima Kasih Telah Berkunjung

ZC FAR

Terima Kasih Telah Berkunjung, Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
December 30, 2018 at 2:05 AM delete

MYOB itu perlu aktivasi online untuk mengaktifkan company code yang sudah dibuat. Jadi percuma.

Saya punya solusi, bagi siapa saja yang membutuhkan MYOB tanpa aktivasi online maka saya sarankan untuk menggunakan MYOB PREMIER 7.5. Myob Premier 7.5 adalah versi offline terakhir yang dibuat oleh MYOB yang tanpa perlu aktivasi online.

Untuk mendapatkan MYOB PREMIER 7.5 yang dapat di install di WIndows 10, 7, 8 dan XP, multi user, multi currency dan tanpa aktivasi online dapat menghubungi saya di 0813 48 021 778 (WA Available)

Reply
avatar