Menampilan Dua Subtitle Dalam Satu Video

6:54:00 AM


Cara Menampilan Dua Subtitle Dalam Satu Video by Xetinom
Cara Menampilan Dua Subtitle Dalam Satu Video by Xetinom 
xetinomfiles    Selamat pagi siang sore malam teman-teman, disini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana bagaimana 'Cara Menampilkan Dua Subtitle Dalam Satu Video'. Tentu ada beberapa cara bagi kita untuk dapat mahir dalam berbahasa asing contohnya bahasa inggris yang sangat penting untuk kehidupan kita kelak nanti. Tentu dengan cara ini kita dapat boleh meningkatkan skill Listening dalam berbahasa asing, sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian subtitle itu sendiri.

Subtitle merupakan penerjemah atau sebuah dialog yang dibicarakan oleh pemain film tersebut, biasanya terletak dibagian bawah dalam film tersebut. Seperti gambar dibawah ini yang saya berikan lingkaran merah.
Contoh Subtitle
Contoh Subtitle
Contoh menampilkan 2 subtitle dalam satu video atau film, yang terletak dibagian atas dan bawah. Perhatikan Gambar Berikut.

Contoh Tampilan 2 Subtitle Dalam Stu Video
Contoh Tampilan 2 Subtitle

  • Untuk dapat menonton film seperti diatas terlebih dahulu kita harus mempunyai dua subtitle dengan bahasa yang berbeda dari film yang akan di tonton. File subtitle biasanya berformat (*.srt)

Subtitle yang akan digabungkan
Subtile Yang Akan Digabungkan

  • Disini, penulis ingin menggabungkan subtitle indonesia dan subtitle inggris dalam satu film. Jika dua subtitle sudah tersedia maka selanjutnya buka situs 2srt2 dimana situs ini akan membantu kita dalam proses menggabungkan dua bahasa sehingga menjadi satu file.



Berikut Tampilan Dari 2srt2 untuk menggabungkan 2 Subtitle.


Tamoilan Situs 2srt2
Tampilan Situs 2srt2

Langkah selanjutnya upload file subtitle bahasa yang ingin diletakan dibagian atas atau dibawah film dengan mengklik tombol Choose File. Disini penulis meletakkan subtitle inggris dibagian atas dan subtitle indonesia dibagian bawah film.
Upload File Subtitle
Upload File Subtitle


Setelah itu anda bisa mengedit subtitle tersebut, seperti memilih font ; ukuran ; serta warna pada subtitle yang anda inginkan agar nyaman saat anda menontonnya.


Berikut tampilan dari pengaturan untuk mengedit subtitle.

Pengeditan Subtitle
Pengeditan Subtitle

Setelah anda telah menyetting sesuai dengan keinginan anda. Maka selanjutnya klik tombol Submit untuk kemudian file tersebut di kompress menjadi file yang berekstensi (*.ass) dan otomatis akan muncul pop-up download dari browser anda. Kemudian klik Save dan biasanya di masukan kedalam folder dimana terdapat file film yang akan di mainkan.

Rename nama file tersebut yang anda inginkan. Disini penulis menamakan file tersebut yaitu 'Dual Sub'. Berikut dari gambar file penulis.
Contoh File Yang Telah Digabung
Contoh File Yang Telah Digabung
Setelah itu tinggal anda masukkan file subtitle kedalam film kesayangan anda. Telah di test dan berhasil  di VLC, Media Player Classic, Windows Media Player.


Itulah Cara Menampilkan 2 subtitle Didalam Satu Film dimana subtitle yang pertama terdapat di bagian atas film dan subtitle yang kedua berada di bawah film.

Menurut saya ini sangat membantu sekali seseorang dalam mempelajari bahasa asing tentunya dalam mempelajari listening.


Demikianlah Tips&Trik dari saya silahkan dipraktekkan semoga bermanfaat dan selamat menyaksikan film kesayangan anda dan selamat belajar.

Terima Kasih Telah Berkunjung, Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
hera
AUTHOR
October 1, 2019 at 5:46 PM delete

Ini bagus untuk belajar dan berlatih bahasa baru. kita dapat mengaktifkan teks 2 bahasa dengan bahasa yang kita pelajari bersama dengan bahasa yang sudah kita ketahui. Kemudian, kita dapat berlatih bahasa sambil dihibur pada saat yang sama.

Reply
avatar