Waspada Jajanan Sekolah Berformalin dan Boraks | Xetinom

2:07:00 AM
Makanan Mengandung Zat Berbahaya

xetinomfiles.cf. Dizaman sekolah sekarang banyak anak-anak yang dilarang karenan jajanan yang bercampur bahan kimia yang pastinya dapat membahayakan kesehatan. Banyak orang tua menjadi khawatir karena anaknya sering suka beli jajanan di sekolah. Jadi, apa bahaya formalin dan boraks bagi kesehatan anak?

Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau yang biasa disingkat (POM) menyatakan sebagian besar jajanan disekolah masih mengandung zat-zat kimia yang berbahaya seperti, pewarna tekstil, boraks, dan formalin. Kesimpulan tersebut diungkapkan berdasarkan hasil uji yang dilakukan sekitar 4500 sekolah dasar di sejumlah kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan semarang.

  • Formalin merupakan nama dagang dari larutan 30%-40% formaldehid dalam air. Yang merupakan bahan kima untuk perekat kayu lapis, pengawet maya, dan yang paling sering digunakan yaitu untuk mengawetkan tahu dan mi basah. Pengaruhnya bagi kseehatan yaitu terjadi bila akumulasi formalin yang tinggi di dalam tubuh akan mengakibatkan berbagai keluhan. Misalnya dapat mengalami rasa gatal pada mata, susah bernafas, batuk-batuk, rasa panas pada hidung dan tenggorokkan, iritasi pada saluran pernafasan, iritasi lambung dan kulit, muntah, diare serta kanker.(karena formalin dapat memicu kanker).
Makanan Berformalin
Formalin
  • Boraks merupakan senyawa kimia dengan nama natrium tetraboat, berbentuk kristal lunak. Jika dilarutkan dalam air, akan  menjadi natrium hidroksida serta asam borat. Boraks biasanya dicampurkan dalam bahan makanan bakso , kerupuk, serta mi basah. 
Jika boraks termakan dalam kadar tertentu, dapat menimbulkan sejumlah efek samping bagi kesehatan, diantaranya: 

  1. Gangguan pada sistem saraf, ginjal, hati, dan kulit;
  2. Gejala pendarahan di lambung dan gangguan stimulasi;
  3. Terjadinya komplikasi pada otak dan hati;
  4. Menyebabkan kematian jika ginjal mengandung boraks sebanyak 3-6 gram.
Makanan Yang Mengandung Boraks
Boraks
  • Pewarna sintetis untuk tekstil rhodamin B (merah) dan methanil  (kuning) yang sering digunakan dalam pembuatan kerupuk,saus, dan kue dapat mengakibatkan gangguan saluran cerna serta fungsi hati. 

Makanan Yang Mengandung Pewarna Sintetis
Pewarna

Demikian artikel tentang Waspada Jajanan Sekolah Berformalin dan Boraksjadi kita sebagai orang tua perlu kewaspadaan tentang mengenai bahaya jajanan sekolah. 

Terima Kasih Telah Berkunjung, Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »