Cara Daftar Google Classroom Untuk Student

7:17:00 AM
Google Classroom ( Pembelajaran Online Penunjang Tatap Muka ) adalah kumpulan tools produktivitas free dari Google meliputi Gmail, Drive, dan Docs, tersedia untuk pengguna Google Apps for Education. 

Google Classroom dibuatuntuk membantu para guru atau pengajar dalam membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan buku ataupun kertas, termasuk fitur yang akan dapat membantu Guru dalam menghemat waktu seperti fitur untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa. 

Google Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur. Google melakukan update untuk Google Classroom pada tanggal 24 agustus yang lalu.


Dan mungkin sebagian dari anda masih binggung bagaimana cara mendaftarkan akun Student ke dalam Google Classroom, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial untuk anda yang masih kesusahan bagaimana cara mendaftarnya. 

Oke langsung saja.

  • Masuk ke www.gmail.com lalu login email anda dengan domain yang biasanya telah diberikan oleh sekolah anda. Contoh
20146009@smktelkom-jkt.sch.id
  • Jika anda pertama kali login menggunakan email itu, maka kamu akan diminta password baru.
  • Langkah selanjutnya Klik Google Apps>>More ( Ada pada bagian sebelah kanan atas ).

  • Setelah itu klik pada Classroom ( Biasanya ada paling bawah )

  • Lalu, pilih sebagai Student. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.


  • Selanjutnya pilih + Join Your First Class! yang ada pada bagian atas.

  • Maka kamu akan disuruh memasukkan kode kelas. Isi sesuai dengan kode kelas yang diberikan oleh guru anda masing-masing.
  • Jika sudah diisi dengan benar, klik JOIN
  • Jika anda telah mengisi dengan baik dan benar, maka kamu akan masuk dengan tampilan seperti ini.


Di Google Classroom ini juga berjanji untuk tidak akan ada iklan dan menyimpan data pribadi untuk kepentingan iklan.


Sudah bisa kita bayangkan, di masa yang akan datang banyak sekolah yang akan menerapkan sistim seperti ini yang tidak hanya hemat waktu tetapi juga lebih ramah lingkungan karena sudah tidak banyak lagi dibutuhkan kertas.

Bagaimana dengan Indonesia, apakah sudah siap dengan sistim online seperti ini? Mungkin ini menjadi jawaban juga bagi yang pernah bertanya "Buat apa internet cepat?" :-)

Internet cepat setidaknya akan lebih menunjang sistim pendidikan yang juga bersifat ramah lingkungan ini, engga sekedar untuk nonton atau download yang engga-engga.

Baik semoga tutorial diatas dapat membantu anda, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Silahkan di Share dan jangan lupa juga berkomentar :)

Terima Kasih Telah Berkunjung, Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »